KEKUATAN PASAR
PENAWARAN DAN PERMINTAAN
Penawaran dan Permintaan
Permintaan dan penawaran adalah dua kata yang sering kita dengar dalam
ekonomi.
Penawaran dan Permintaan dua kekuatan yang membuat ekonomi pasar bekerja.
Ekonomi mikro mempelajari tentang penawaran, permintaan dan
keseimbangan pasar.
Pasar dan Persaingan
Pasar adalah sekelompok pembeli dan penjual barang tertentu dan pelayanan
yang
saling berinteraksi. Istilah penawaran dan permintaan merujuk pada
perilaku orang ..
karena mereka berinteraksi satu sama lain di pasar. Pembeli menentukan permintaan.
Penjual menentukan penawaran.
Pasar Kompetitif
Sebuah pasar yang kompetitif adalah pasar di mana
ada banyak pembeli dan penjual
sehingga masing-masing memiliki dampak minimal terhadap harga pasar.
sehingga masing-masing memiliki dampak minimal terhadap harga pasar.
Persaingan: Sempurna dan Tidak Sempurna
¢ Persaingan sempurna
mempunyai ciri-ciri :
Produk yang sama
Banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing memiliki pengaruh terhadap harga
Pembeli dan penjual adalah price takers
Produk yang sama
Banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing memiliki pengaruh terhadap harga
Pembeli dan penjual adalah price takers
¢ Monopoli
mempunyai ciri-ciri :
Satu penjual, dan kontrol penjual harga
Satu penjual, dan kontrol penjual harga
¢ Oligopoli
mempunyai ciri-ciri :
Beberapa penjual
Tidak selalu
persaingan agresif
¢ Persaingan monopoli
mempunyai ciri-ciri :
Banyak penjual
Produk Sedikit
berbeda
Setiap penjual
dapat menetapkan harga untuk produk sendiri
Permintaan
¢ Hukum Permintaan
Ketika harga naik maka kuantitas yang diminta turun dan
sebaliknya.
Kurva
Permintaan Catherine Demand Schedule
Permintaan
Pasar dan Permintaan Individu
¢ Permintaan
Pasar mengacu pada jumlah dari semua tuntutan individu untuk barang tertentu. Secara
grafis, kurva permintaan individu dijumlahkan secara horizontal untuk
mendapatkan kurva permintaan pasar.
Pergeseran Kurva Permintaan
¢ Perubahan
Kuantitas Permintaan
¢ Gerakan
sepanjang kurva permintaan disebabkan oleh perubahan harga produk.
q Perubahan
Dalam Permintaan
ü Pergeseran kurva permintaan, baik ke kiri atau kanan
Disebabkan oleh
perubahan yang mengubah kuantitas yang diminta pada setiap harga
¢ Pendapatan
konsumen
q Pendapatan
meningkat permintaan untuk barang normal akan meningkat
q Sebagai
pendapatan meningkatkan permintaan dan inferior akan turun.
¢ Harga
Barang Terkait
v Ketika
terjadi penurunan harga suatu barang akan mengurangi permintaan barang yang
lain,barang itu disebut barang pengganti
v Ketika
penurunan harga meningkatkan permintaan, dua barang itu disebut barang
pelengkap atau komplemen
Table
1 Variabel Pengaruh Pembeli
Variabel
|
Berubah dalam variabel....
|
Harga
|
Merupakan pergerakan sepanjang kurva permintaan
|
Penghasilan
|
Menggeser kurva permintaan
|
Harga Barang yang Terkait
|
Menggeser kurva permintaan
|
Selera
|
Menggeser kurva permintaan
|
Persediaan
|
Menggeser kurva permintaan
|
Jumlah Pembeli
|
Menggeser kurva permintaan
|
Penawaran
¢ Hukum
Penawaran
Ketika kuantitas yang
ditawarkan naik maka harga naik, begitu juga
ketika kuantitas turun maka harga turun.
ketika kuantitas turun maka harga turun.
Ben’s
Supply Schedule
Kurva
Penawaran Ben’s Supply Curve
Penawaran Pasar Versus Penawaran
Individu
¢ Penawaran
pasar mengacu pada jumlah semua perlengkapan individu untuk
semua penjual barang atau jasa tertentu.
semua penjual barang atau jasa tertentu.
¢ Grafik,
kurva penawaran individual dijumlahkan secara horizontal untuk
mendapatkan kurva penawaran pasar.
mendapatkan kurva penawaran pasar.
Pergeseran kurva penawaran
¢ Perubahan
dalam Kuantitas yang Disediakan
- Gerakan sepanjang kurva penawaran disebabkan oleh perubahan apa pun yang mengubah kuantitas yang ditawarkan pada harga tertentu
¢ Perubahan
dalam Penawaran
- Sebuah pergeseran dalam kurva penawaran, baik ke kiri atau kanan disebabkan oleh perubahan penentu selain harga
Variabel Pengaruh Penjual
Variabel
|
Berubah dalam
variabel....
|
Harga
|
Merupakan
pergerakan sepanjang kurva penawaran
|
Teknologi
|
Menggeser
kurva penawaran
|
Persediaan
|
Menggeser
kurva penawaran
|
Jumlah
Penjual
|
Menggeser
kurva penawaran
|
PENAWARAN
DAN PERMINTAAN BERSAMA
¢ Keseimbangan
mengacu pada situasi di mana harga telah mencapai tingkat di mana kuantitas
yang ditawarkan sama dengan kuantitas yang diminta.
¢ Harga
Keseimbangan
Ø Harga
yang menyeimbangkan kuantitas yang ditawarkan dan kuantitas yang diminta
Ø Pada
grafik,harga keseimbangan adalah harga di mana kurva penawaran dan permintaan
berpotongan
¢ Kuantitas
Keseimbangan
Ø Kuantitas
yang ditawarkan dan kuantitas yang diminta pada harga ekuilibrium
Ø Pada
grafik kuantitas keseimbangan adalah kuantitas di mana kurva penawaran dan permintaan berpotongan.
Keseimbangan
Penawaran dan Permintaan
Penawaran dan Permintaan
¢ Surplus
v Ketika
harga> harga Ekuilibrium, maka kuantitas yang ditawarkan> kuantitas yang
diminta
v Ada
kelebihan penawaran atau surplus
q Ketika
harga < harga ekuilibrium, maka kuantitas yang diminta> jumlah yang
ditawarkan
v Ada
kelebihan permintaan atau kekurangan
v Pemasok
akan menaikkan harga karena terlalu banyak pembeli membeli terlalu sedikit
barang, sehingga bergerak ke arah ekuilibrium.
Tiga Langkah untuk Menganalisis Permintaan
pada
Perubahan Equilibrium
Perubahan Equilibrium
¢ Tentukan
bagaimana cara menggeser kurva penawaran atau permintaan (atau keduanya)
¢ Tentukan
apakah kurva bergeser ke kiri atau ke kanan
¢ Gunakan
penawaran dan permintaan diagram untuk melihat bagaimana perubahan mempengaruhi
harga equlibrium dan kuantitas
Tiga langkah untuk Menganalisis
Penawaran pada
Perubahan Equilibrium
Perubahan Equilibrium
v Pergeseran
dalam kurva penawaran disebut perubahan penawaran
¢ Sebuah
gerakan sepanjang kurva penawaran tetap disebut perubahan kuantitas yang
ditawarkan
¢ Sebuah
pergeseran dalam kurva permintaan disebut perubahan permintaan
¢ Sebuah
gerakan sepanjang kurva permintaan tetap disebut perubahan kuantitas yang
diminta.
Summary
¢ Para ahli ekonomi
menggunakan model penawaran dan permintaan untuk
menganalisis pasar kompetitif.
¢ Dalam pasar yang kompetitif, ada banyak pembeli dan penjual, yang
masing-masing memiliki sedikit atau tidak ada pengaruh pada harga pasar.
menganalisis pasar kompetitif.
¢ Dalam pasar yang kompetitif, ada banyak pembeli dan penjual, yang
masing-masing memiliki sedikit atau tidak ada pengaruh pada harga pasar.
¢ Kurva permintaan menunjukkan bagaimana kuantitas yang baik tergantung
harga.
harga.
· Menurut hukum permintaan, ketika harga turun, maka kuantitas yang
diminta meningkat.Oleh karena itu, kurva permintaan miring ke bawah.
diminta meningkat.Oleh karena itu, kurva permintaan miring ke bawah.
· Selain harga, faktor penentu lain dari berapa banyak konsumen ingin
membeli mencakup pendapatan, harga pelengkap dan pengganti, selera,
harapan, dan jumlah pembeli.
membeli mencakup pendapatan, harga pelengkap dan pengganti, selera,
harapan, dan jumlah pembeli.
· Jika salah satu dari
faktor-faktor ini perubahan, pergeseran kurva
permintaan.
permintaan.
¢ Kurva penawaran menunjukkan bagaimana kuantitas yang baik diberikan
tergantung pada harga.
tergantung pada harga.
¢ Menurut hukum penawaran, karena harga yang naik. Oleh karena itu, kurva
penawaran miring ke atas.
penawaran miring ke atas.
¢ Selain harga, faktor penentu lain dari berapa banyak produsen ingin menjual
meliputi harga input, teknologi, persediaan, dan jumlah penjual.
meliputi harga input, teknologi, persediaan, dan jumlah penjual.
¢ Jika salah satu dari faktor-faktor ini perubahan, pergeseran kurva
penawaran.
¢ Ekuilibrium pasar ditentukan oleh perpotongan kurva penawaran dan
permintaan.
permintaan.
¢ Pada harga ekuilibrium, kuantitas yang diminta sama dengan jumlah yang
ditawarkan.
ditawarkan.
¢ Para pembeli dan penjual perilaku alami mendorong pasar ke arah
ekuilibrium mereka.
ekuilibrium mereka.
¢ Untuk menganalisis bagaimana setiap peristiwa mempengaruhi pasar, kita
menggunakan penawaran dan permintaan diagram untuk memeriksa
bagaimana bahkan mempengaruhi harga dan kuantitas ekuilibrium.
menggunakan penawaran dan permintaan diagram untuk memeriksa
bagaimana bahkan mempengaruhi harga dan kuantitas ekuilibrium.
¢ Dalam ekonomi pasar, harga merupakan sinyal yang memandu keputusan
ekonomi dan dengan demikian mengalokasikan sumber daya.
ekonomi dan dengan demikian mengalokasikan sumber daya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar